Ajang Seleksi untuk Timnas

Persatuan Golf Indonesia menggelar Indonesia Elite Amateur Invitational 2022. Turnamen nasional ini diikuti para pegolf amatir dari beberapa provinsi di Indonesia. Mereka merupakan pegolf-pegolf berbakat yang memiliki bakat di atas rata-rata. Berlangsung dalam empat seri, Indonesia Elite Amateur Invitational kali ini memang menjadi ajang seleksi untuk tim nasional, yang akan dikirim ke beberapa kejuaraan internasional.

 

Photography : YM

SERI I

Dua Pemenang Baru

 Bertanding di Emeralda Golf Club, para peserta Elite Amateur ini bertarung selama dua hari pada 2-3 Februari. Mereka menyelesaikan 36 hole, dan 18 hole di hari kedua.

Untuk nomor individu putra, Rayhan Abdul Latief yang memimpin leaderboard usai 36 hole dengan skor total 3 di bawah-par akhirnya memenangi Elite Amateur Invitational 2022 Seri I total 211 (-5). Dengan keunggulan 5 pukulan, Rayhan mengalahkan Naraajie Emerald R. Putra, Almay Rayhan, dan Randy Arbenata yang harus puas di T2.

Di bagian putri, Bianca secara mengejutkan berhasil menyodok ke posisi satu setelah menyelesaikan putaran akhir dengan skor 70 dan total 214 (-2). Sebaliknya, pimpinan leaderboard sehari sebelumnya, Rana Syarifa Mukawa, tergusur ke posisi T2 dengan skor 217 (+1)–bersama Elaine Widjaja, yang naik dari posisi T4.

 

Photography : YM

 SERI II

Duo R&R Rajai Gading Raya

 Dua atlet Jawa Barat, Randy Arbenata M. Bintang dan Rayi Geulis Zullandari, menjuarai Indonesia Elite Amateur Invitational 2022 Seri II pada 12-14 Maret. Randy dan Rayi memenangi Seri II ini dengan dua jalan yang berbeda.

Bermain di Gading Raya Golf, bermain di putaran akhir dengan posisi tertinggal empat pukulan dari pimpinan leaderboard sehari sebelumnya, Naraajie E. Ramadhan Putra. Naraajie waktu itu memimpin dengan total skor 4 di bawah-par.

Namun di akhir putaran ketiga, Randy menang secara mengejutkan. Pegolf berusia 18 tahun  menutup putaran akhir dengan skor 64 (8 di bawah-par), skor harian terendah sepanjang dua seri Indonesia Elite Amateur Invitational 2022, dan sekaligus memenangi Seri II ini dengan total skor 206 (10 di bawah par). Naraajie harus puas di posisi kedua dengan 209 (7 di bawah-par) dan Amadeus Christian Susanto (Jawa Tengah) dengan 213 (3 di bawah-par).

Sementara itu, di nomor putri, Rayi yang terus menjadi pimpinan leaderboard sejak hari pertama makin tidak tertahankan di putaran akhir. Skor 68 (4 di bawah-par) makin melancarkan peluang pegolf berusia 16 tahun itu untuk menjuarai Seri II ini. Atas hasil putaran ketiga itu, Rayi menang dengan total skor 207 (9 di bawah-par).

Posisi kedua untuk putri ini diisi Holly Victoria Halim (DKI Jakarta), yang mengumpulkan skor 213 (2 di bawah-par). Pegolf asal Jawa Tengah, Elaine Widjaja, menempati posisi ketiga dengan skor 216 (1 di atas-par).

 

Photography : YM

SERI III

Pembuktian Dua Atlet Nasional

 Dua atlet nasional meraih posisi terbaik di nomor individu putra dan putri dalam Indonesia Elite Amateur Invitational 2022 Seri III. Berlangsung di Orchid dan Jasmine Course (LotusLakes Golf Club), Naraajie Emerald R. Putra (Jawa Barat) dan Ida Ayu Indira Melati Putri (Bali) menjuarai seri turnamen yang berlangsung pada 22-24 Februari.

Lagi-lagi, dua pemenang ini menjalani proses yang berbeda. Naraajie menang karena sudah terprediksi sejak putaran pertama, tetapi Mela justru mengejutkan di putaran akhir.

Memulai putaran akhir dengan keunggulan 4 pukulan, Naraajie yang mengoleksi skor total 3 di bawah-par tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan putaran ketiga dengan skor 70 (2 di bawah-par). Hasil ini sudah cukup mengukuhkan posisinya sebagai juara Indonesia Elite Amateur Invitational 2022 Seri III dengan total 211 (5 di bawah-par). Selain menang dengan wire to wire (memimpin leaderboard sejak hari pertama), Naraajie ini menjadi satu-satunya pemain yang mampu membukukan skor under-par dalam 54 hole (tiga putaran).

Sementara, dengan total 5 di atas-par, Mela yang mengawali putaran ketiga dengan satu pukulan di belakang dari sang leader klasemen sehari sebelumnya, Holly Victoria Halim (DKI Jakarta) sukses menyalip di enam hole terakhir. Tiga birdie berturut-turut di  tiga hole menjadi kunci keberhasilan pegolf asal Bali ini.

Mela menutup 54 hole dengan skor total 219 (3 di atas-par). Di samping itu, Holly yang berupaya agar bisa menyaingi Mela hanya mampu bermain dengan skor 72 (even par), dengan total 220, dan harus puas di posisi kedua.

 

Photography : YM

SERI IV

Back-to-Back  & Wire-to-Wire

 Gelar Indonesia Elite Amateur Invitational 2022 Seri IV diraih Naraajie Emerald R. Putra (Jawa Barat) dan Holly Victoria Halim (DKI Jakarta).  Bermain di Riverside Golf Club, Cimanggis, 1-2 Maret, keduanya mencatatkan total skor yang impresif setelah menyelesaikan putaran terakhir turnamen yang merupakan rangkaian seri bertemakan “Road to SEA Games” ini.

Menutup putaran akhir dengan skor 69 (3 di bawah-par), Naraajie berhasil menyabet gelar juara kedua di Indonesia Elite Amateur Invitational 2022. Ini menjadi gelar keduanya dalam seri Road to SEA Games setelah ia memenangi gelar juara yang sama di seri III pekan sebelumnya.

 Mengawali putaran akhir dengan tertinggal 2 pukulan dari leader Jonathan Xavier Hartono, Naraajie menyelesaikan putaran ketiga dengan skor total 209 (7 di bawah-par). Jonathan Xahier Hartono dengan Amadeus Christian Susanto (Jawa Tengah), yang sama-sama mengumpuilkan skor total 216 (par).

“Hari ini saya tetap main sabar. Riverside ini kan lapangannya sempit-sempit. Jadi penempatan bolanya mesti bagus. Par 3-nya challenging semua. Par 4-nya kebanyakan sempit-sempit. Ini butuh course management yang rapi,” kata Naraajie.

Nomor putri menyajikan cerita yang berbeda. Holly yang memimpin leaderboard Indonesia Elite Amateur Invitational 2022 Seri IV sejak hari pertama tidak terhentikan di putaran final pada Rabu (2/3). Unggul lima pukulan sebelum memulai tee off di putaran akhir, Holly yang memimpin dengan 3 di bawah-par memang berpeluang besar untuk menyabet gelar pertamanya di seri Road to SEA Games ini. Ia pun menutup putaran akhir dengan skor total 211 (5 di bawah-par).

Sania Talita tetap mempertahankan posisinya di peringkat kedua dengan skor total 218 (2 di atas-par). Rana Syarifa Mukawa pun menempati tempat ketiga dengan skor total 223 (7 di atas-par).

 

 

Share with

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

More News

Pengukuhan Status Jawara Dunia

Mengincar Green Jacket Pertama

No. 1 Dunia Lolos Ujian

The Man of the Moment

Digital Edition

Dunia Mengakui The Goat
April - May 2022

Dunia Mengakui The Goat

Goal 2022 Think Like Tiger
February - March 2022

Goal 2022 Think Like Tiger

Viking di Pusaran Elite Dunia
December 2021-January 2022

Viking di Pusaran Elite Dunia

Terbaik Mengalahkan yang Terbaik
October-November 2021

Terbaik Mengalahkan yang Terbaik