Kontrol Pukulan terhadap Angin

Menghadapi kondisi cuaca berangin (dari depan), pegolf yang paham situasi ini sebisa mungkin untuk tidak melawan. Ada dua pilihan yang bisa dilakukan. Pertama, memilih club yang berbeda dari biasa (misalnya, dari iron no 7 ke no 5, tergantung kondisi angin saat itu). Kedua, melakukan pukulan rendah. Swing yang dilakukan tidak keras. Fokusnya adalah pukulan solid terhadap bola. Pukulan yang solid akan membuat bola terbang aman ketika melawan angin, tetapi jangan berharap jika pukulannya lemah. Pegolf ingin menjaga terbang bola tetap rendah agar laju bola tetap terkontrol.

Lalu bagaimana melakukan pukulan solid dan rendah? Saya akan tunjukkan langkah-langkahnya:

Set Up

Siapkan posisi kuda-kuda lebih kecil dari biasanya (normal stance). Pastikan beban Anda condong ke arah target. Posisikan bola sedikit ke belakang dari bola di normal stance (mendekati kaki kanan untuk pegolf non-kidal).

Backswing

Kontrol Pukulan terhadap Angin

Rasanya tidak mudah untuk menjaga bola tetap terbang rendah ke tanah jika Anda melakukan full swing. Jadi, lakukan ¾ swing,  Posisi badan tegak, tidak miring ke kanan (foto: posisi backswing yang salah). Salah dalam posisi backswing akan berdampak pada saat impact nantinya.

Impact

Kontrol Pukulan terhadap Angin

Ketika impact, pastikan posisi badan Anda condong ke arah target. Menjaga lengan Anda dan dada di depan bola akan memudahkan Anda saat impact. Posisi salah saat impact adalah badan yang menjauhi target (lihat foto). Ini akan dorongan terhadap bola akan lemah ketika impact. Karena itu, kita perlu jaga berat badan agar balance, konsistensi, dan kontak yang solid tetap terjaga.

Finish

Kontrol Pukulan terhadap Angin

Untuk memukul rendah, finis rendah juga. Biasanya kita ingin membuat finis yang cantik, tinggi, dan full untuk menyelesaikan swing. Namun, dalam situasi berangin, pukul rendah ke dalam angin

Kontrol Pukulan terhadap Angin

Ingat: ayunan yang lebih cepat cenderung menghasilkan lebih banyak backspin dan menerbangkan bola lebih tinggi. Namun, ini tidak akan berarti saat melawan angina. Karena itu, tahan keinginan untuk melakukan swing cepat agar hasil pukulan Anda tidak rusak saat melawan angin. Selamat mencoba!

Share with

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

More News

Pengukuhan Status Jawara Dunia

Mengincar Green Jacket Pertama

No. 1 Dunia Lolos Ujian

The Man of the Moment

Digital Edition

Dunia Mengakui The Goat
April - May 2022

Dunia Mengakui The Goat

Goal 2022 Think Like Tiger
February - March 2022

Goal 2022 Think Like Tiger

Viking di Pusaran Elite Dunia
December 2021-January 2022

Viking di Pusaran Elite Dunia

Terbaik Mengalahkan yang Terbaik
October-November 2021

Terbaik Mengalahkan yang Terbaik